Rabu, 18 Desember 2013

Hasil FGD Indikator Kelurahan Istimewa Ramah Anak berbasis Budaya di Kota Yogyakarta



FORUM ANAK KELURAHAN MANDE BANON (WARUNGBOTO)
1.       Terwujudnya Kampung Ramah Anak
2.       Adanya sanggar & tempat bermain
3.       Terwujudnya kampong berbudaya
4.       Adanya event kebudayaan
5.       Adanya tempat khusus untuk merokok (tempat terbuka)
6.       Adanya sosialisasi desa ramah anak berbasis budaya
7.       Terwujudnya taman bacaan masyarakat & anak
8.       Adanya hari-hari peringatan nasional
9.       Adanya event rutin berbudaya
10.   Terwujudnya acara positif
11.   Adanya kegiatan sehari-hari yang positif
12.   Terwujudnya anak yang inovatif, kreatif, dan produktif
13.   Adanya rumah pintar
14.   Adanya lingkungan yang sehat, bersih, dan asri
15.   Adanya penampung aspirasi anak
16.   Adanya jam bebas untuk bermain (setiap sore dan hari libur)
17.   Adanya jam belajar masyarakat
18.   Adanya pelatihan ketrampilan anak
19.   Terwujudnya anak tertib lalu lintas
20.   Terwujudnya anak berpendidikan & berpotensi
21.   Adanya plangisasi dan stikerisasi tentang Kampung Ramah Anak
INDIKATOR KELURAHAN ISTIMEWA RAMAH ANAK BERBASIS BUDAYA
GUGUS TUGAS RAMAH ANAK KELURAHAN WARUNGBOTO

INDIKATOR HAK SIPIL DAN KEBEBASAN
1.       Jumlah anak se-kelurahan
2.       Jumlah anak yang nguri-nguri seni karawitan
3.       Jumlah anak yang nguri-nguri seni tari tradisi
4.       Jumlah anak yang nguri-nguri seni kethoprak
5.       Jumlah anak yang nguri-nguri basa Jawi
6.       Jumlah anak yang nguri-nguri busana Jawi/memiliki pengetahuan pakaian tradisional Jawa
7.       Jumlah anak yang nguri-nguri/mengetahui cara penulisan seni/budaya Jawa
8.       Jumlah anak yang tahu informasi pendidikan, karakter, seni & budaya secara umum
9.       Jumlah anak yang tahu budaya sendiri
10.   Jumlah anak yang berinteraksi sosial


INDIKATOR LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENGASUHAN ALTERNATIF
1.       Jumlah anak yang menikah di bawah usia 18 tahun
2.       Jumlah keluarga yang ikut menangani/membantu/mendampingi ABK di bidang pendidikan & kesehatan
3.       Tersedianya data anak berkebutuhan khusus (ABK)
4.       Tersedianya data anak yang berhadapan dengan hukum (ABH)
5.       Jumlah keluarga yang ikut menangani/membantu/mendampingi ABH
6.       Tersedianya data anak yatim piatu terlantar
7.       Jumlah keluarga yang ikut menangani/membantu/mendampingi anak yatim piatu terlantar
8.       Jumlah keluarga yang ikut menangani/membantu/mendampingi anak dari keluarga miskin
9.       Ada & berfungsinya keluarga/kelompok peduli anak di wilayah kelurahan

INDIKATOR KESEHATAN DASAR DAN KESEJAHTERAAN
1.       Ada peraturan perundang-undangan kebijakan terkait pemenuhan hak-hak anak
2.       Ada anggaran untuk pemenuhan hak anak
3.       Adanya data terpilah usia anak dan remaja
4.       Ada prosentase anak yang teregistrasi dan mendapatkan akta kelahiran anak
5.       Ada kelompok Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R)
6.       Ada kelompok Bina Keluarga Balita (BKB)
7.       Ada kelompok Bina Kelompok Remaja (BKR)
8.       Adanya posyandu balita
9.       Adanya posyandu remaja
10.   Ada Taman Bacaan Masyarakat (TBM) anak dan remaja
11.   Ada Pustakawan Anak dan Remaja
12.   Ada kelompok kesenian anak/sanggar tradisional
13.   Ada kelompok PAUD
14.   Ada Pojok ASI
15.   Ada kelurahan Siaga
16.   Ada kawasan Bebas Rokok
17.   Adanya sarana dan prasarana kegiatan anak
18.   Ada pelatihan budi pekerti pada anak dan remaja
19.   Ada kelompok belajar kuliner anak
20.   Ada data ibu hamil, gizi buruk, angka kematian saat melahirkan
21.   Adanya kelompok belajar anak/bimbel
22.   Ada kader penyuluh tentang pemberian ASI eksklusif
23.   Adanya Jam Belajar Anak
24.   Ada lembaga yang memberikan pelayanan kesehatan reproduksi anak
25.   Ada program pengenalan situs bersejarah (Tuk Umbul)


INDIKATOR PENDIDIKAN, PEMANFAATAN WAKTU LUANG & KEGIATAN SENI BUDAYA
1.       Jumlah anak usia sekolah yang sekolah di sekolah formal
2.       Jumlah anak putus sekolah yang sekolah di non formal (PKBM)
3.       Ada & berfungsinya pusat pendidikan (kelompok belajar, TPA, sanggar, TBM)
4.       Ada & berfungsinya satuan PAUD sejenis pos PAUD kelurahan
5.       Ada & berfungsinya SPS Pos PAUD Inklusi
6.       Jumlah anak berkebutuhan khusus (ABK) di lingkungan setempat
7.       Ada & berjalannya jam belajar masyarakat di lingkungan kelurahan
8.       Jumlah anak yang bisa mengakses jaminan pendidikan beasiswa KMS

INIDIKATOR PERLINDUNGAN KHUSUS
1.       Jumlah anak yang merokok
2.       Jumlah anak yang minum-minuman beralkohol
3.       Jumlah anak yang menggunakan NAPZA
4.       Ada warung internet & game online ramah anak (bebas situs pornografi, tata ruang) di lingkungan RW se-kelurahan
5.       Jumlah kasus kekerasan anak di lingkungan RW se-kelurahan
6.       Ada tempat bermain yang aman & nyaman bagi anak (ruang public)
7.       Ada rambu-rambu, spanduk BALIHO, dan plangisasi tentang promosi hak-hak anak
8.       Ada jalur evakuasi apabila terjadi bencana alam
9.       Ada & berfungsinya fasilitas umum yang aman & ramah bagi anak berkebutuhan khusus
10.   Ada & berfungsinya fasilitas MCK umum yang ramah anak (lantai tidak licin), bak mandi, kloset sesuai fisik anak, air bersih.
11.   Ada & berfungsinya fasilitas MCK umum yang terpisah antara laki-laki dan perempuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar